Laut

Jumat, 07 Oktober 2011

Akuarium Arwana

Akuarium Arwana

 

Ukuran Aquarium/Tank
Standar ukuran aquarium yang di anjurkan untuk pemeliharaan arowana adalah 150 cm x 60 cm x 60 cm, dengan ketebalan kaca setebal 10 mm/ 1 cm. Ukuran tersebut untuk pemeliharaan 1 ekor arowana dalam satu tank.
Jika ingin memelihara arowana dalam jumlah lebih dalam satu tank, di anjurkan dengan ukuran aquarium 200 cm x 60 cm x 70 cm, dengan ketebalan kaca 12 mm. Untuk ukuran ini dianjurkan menggunakan kaca jenis tempered/kaca yang sudah oven/dipanaskan.
akuarium untuk arwana
Pemeliharaan arowana lebih dari satu ekor dalam satu tank/aquarium dianjurkan sebanyak 6 ekor/lebih. Hal tersebut untuk menghindari perkelahian antara arowana yang bisa menyebabkan luka bahkan kematian.

Tinggi meja:

Ketinggian meja / kaki aquarium minimal dibuat dengan ketinggian 100 cm. Hal ini untuk memperjauh jarak pandang arowana ke lantai yang bisa menyebabkan mata arowana menjadi juling karena selalu melihat kelantai.
Background / Latar Belakang:
Aquarium dianjurkan menggunakan latar belakang berupa gambar / sticker / cat. Warna menurut selera. Namun sebagian besar hobbies menggunakan warna latar sesuai jenis arowana yang dipelihara, misalnya:
- Super Red = Latar hitam
- Golden Cross Back = Latar hitam
- Red Tail Golden = Latar biru / putih
- Bandjar Red = Latar biru / putih
- Silver = Latar hitam / biru
Sistem Filtrasi:
Sistem filtrasi yang biasa digunakan adalah sistem; side filter box(filter samping), top filter box(filter atas), filter terpisah dari aquarium(biasanya menggunakan mesin jenis canister), sump filter(dengan cara menyedot dari bawah & menggunakan aquarium kecil di bagian bawah sebagai kotak filter).
Dalam memelihara arowana di sarankan untuk menggunakan sistem sump filter, karena sistem mampu menyedot kotoran yang ada di air. Disamping itu juga mudah untuk membersihkannya

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar